SEMARANG (KRjogja.com) - Jalan tol Semarang-Ungaran diharapkan dapat digunakan pada saat Lebaran tahun ini, sehingga mampu mengurangi kemacetan. Jika jalan tol Semarang-Ungaran sudah dapat digunakan, maka akan mempercepat daya tempuh yang saat ini membutuhkan waktu 1,5 jam lebih.
"Diusahakan (jalan tol Semarang-Ungaran,red.) dapat digunakan saat Lebaran. Akan tetapi, kita tidak akan memaksakan diri karena kita tidak ingin mengorbankan kualitas jalan," kata Kepala Dinas Bina Marga Jawa Tengah, Danang Atmodjo, di Semarang, Rabu (14/7).
Danang memperkirakan jalan tol Semarang-Ungaran yang dapat dilewati pada saat Lebaran tahun ini, sepanjang 11 kilometer. Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menargetkan pembangunan tol Semarang-Solo seksi I (Semarang-Ungaran) selesai keseluruhan pada Agustus 2010. Pengerjaan tol Semarang-Solo seksi II (Ungaran-Bawen) diharapkan sudah bisa dimulai kegiatan fisiknya pada Agustus 2010.
Proses pembebasan lahan sendiri telah tuntas 60 persen dan diharapkan Agustus sudah mulai konstruksi. Total panjang tol Semarang-Solo sepanjang 76 kilometer dengan pemegang konsesi PT Trans Marga Jateng.
Pembangunan tol dengan kebutuhan dana Rp6,8 triliun itu dibagi menjadi lima seksi, yakni seksi I (Semarang-Ungaran) 10,9 km, seksi II (Ungaran-Bawen) 11,3 km, seksi III (Bawen-Salatiga) 17,04 km, seksi IV (Salatiga-Boyolali) 22,85 km, dan seksi V (Boyolali-Kartosuro) 13,57 km. (Ant/Van)
"Diusahakan (jalan tol Semarang-Ungaran,red.) dapat digunakan saat Lebaran. Akan tetapi, kita tidak akan memaksakan diri karena kita tidak ingin mengorbankan kualitas jalan," kata Kepala Dinas Bina Marga Jawa Tengah, Danang Atmodjo, di Semarang, Rabu (14/7).
Danang memperkirakan jalan tol Semarang-Ungaran yang dapat dilewati pada saat Lebaran tahun ini, sepanjang 11 kilometer. Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menargetkan pembangunan tol Semarang-Solo seksi I (Semarang-Ungaran) selesai keseluruhan pada Agustus 2010. Pengerjaan tol Semarang-Solo seksi II (Ungaran-Bawen) diharapkan sudah bisa dimulai kegiatan fisiknya pada Agustus 2010.
Proses pembebasan lahan sendiri telah tuntas 60 persen dan diharapkan Agustus sudah mulai konstruksi. Total panjang tol Semarang-Solo sepanjang 76 kilometer dengan pemegang konsesi PT Trans Marga Jateng.
Pembangunan tol dengan kebutuhan dana Rp6,8 triliun itu dibagi menjadi lima seksi, yakni seksi I (Semarang-Ungaran) 10,9 km, seksi II (Ungaran-Bawen) 11,3 km, seksi III (Bawen-Salatiga) 17,04 km, seksi IV (Salatiga-Boyolali) 22,85 km, dan seksi V (Boyolali-Kartosuro) 13,57 km. (Ant/Van)
No comments:
Post a Comment